Tips memilih Software Video Editing ala Ruffie

Thursday, February 25, 2016


Yuhuu... ihh judulnya sotoy banget ya akohh. Padahal baru kemaren sore belajar video editing tapi udah nulis postingan tips nya. Hihihi..

Tips dari aku mah simple simple aja kok. Aku engga pake Adobe premier pro, final cut pro,corel video apalagi pake Adobe after Effect yang bikin mabok. Duhh.. otakku masih belum sanggup dan kayanya mah itu kudu serius banget. Sedangkan aku apah? Sehari waktu 24 jam aja dirasa kurang. Karena banyak yang harus dikerjakan. Yaa semisal cuci baju, beberes dan pekerjaan ibu rumah tangga pada umumnya. Belum lagi ngurusin bisnis kecil kecilan. Engga cukup waktu aku buat belajar itu semua. Tapi, mungkin nanti.. nanttiiiii... aku bakalan seriusin belajar video editing yang sesungguhnya.

Ohhh.. jadi yang sekarang engga serius nih?

Errr.. engga juga sih. Buat apa kita dipermudah dengan adanya koneksi internet yang memudahkan kita mencari informasi sebebas-bebasnya. Asal jangan kebablasan yoo.

Berawal dari aku uring – uringan pengen ngedit video Hana tapi gak ada skill, minta tolong ke suami tapi sibuk melulu. Huh! Menyebalkan. Merasa gak berdaya. Tapi mungkin suami kasian sama aku kali ya, alhasil dia memberikan opsi.

“Kalau mau edit video gak harus pake premier pro atau corel atau final cut atau after effect. Buat youtube mah yang biasa aja. Kecuali kamu mau bikin pilem, itu ngedit nya harus yang pro. Ada kok aplikasi sekelas adobe premier pro dan temen temennya dalam satu aplikasi software yang sama. Coba kamu cari aja.”

Setelah itu aku browsing dan meluncur di dunia maya yang memberikan seluruh informasi yang aku butuhkan. Pilihannya ada aplikasi software video editing bernama Vegas Pro keluaran Sony dan Cyberlink Power Director. Sebenernya yang lain banyak sih hanya saja yang kumplit menurutku ya dua itu. Menimbang – nimbang mana yang paling mudah *upss*. Akhirnya pilihanku ada pada Cyberlink Power Director. Engga gratis sihhhhh...


MAU YANG MUDAH EN KUMPLIT MANA ADA YANG GRATISAAAAANNNN...


Yaahh.. walaupun kalau  mau nyari ada cracker-an nya <= jangan diikutin sarannya.

Awalnya aku mau beli yang Vegas Pro ngeliat sepertinya lebih lengkap daripada Cyberlink, tapi begitu ngeliat review-nya ternyata agak sulit untuk pengguna pemula seperti aku, walaupun bisa bertanya ke mbah google tapi itu bakalan makan waktu. Plusss harganya muahaaaaalll bingits!, beli satu sofware Vegas Pro sama dengan aku bisa beli paketan Cyberlink enam biji. Wkwkwkw. Jadi lebih baik aku melipir saja.


Paketan Vegas Pro yang di jual di pasaran

tampilan pada Vegas Pro

Akhirnya aku tetap memutuskan untuk menggunakan Cyberlink aja deh. Tapi yaaa.. aku mah beli yang asli aja dong masa bajakan. Harga paket Cyberlink Power Director waktu aku beli itu lagi diskon. Asik banget deh.  Belinya bisa online bisa di toko komputer sih. Aku lebih memilih beli via online dari situs resminya.

Cyberlink Power Director yang aku beli adalah Cyberlink Power Director 14 Ultimate suite. Buat pemula seperti aku software ini adalah sebuah surgaaaaa banget. Tapi teteupp ujung - ujungnya harus ngulik juga dan harus cari tau bagaimana menggunakannya biar maksimal getohh. Tenang aja sih kan ada youtube yang memberikan semua video tutorial yang berkaitan dengan Cyberlink.


Di Cyberlink ini tampilan awalnya friendly user banget. Kalau di samain sama premier pro yang plain. Yang ini tampilan plus plus-nya lebih banyak. Kalau pake premier pro kan biar video-nya maksimal harus ke after effect terus ke photoshop belum lagi ke aplikasi davinchi colour correction buat nyamain warna pada video (ini buat yang pro banget) atau menggunakan aplikasi sejenisnya terus balik lagi ke premier pro, apalagi klo pake corel Video, yang pada intinya adalah RIBET!




Klo menggunakan Cyberlink, aku cukup pake photoshop aja terus ke Cyberlink. Bolak balik dua itu aja dan gak begitu ribet. Di samping itu dipermudah dengan ada banyak template gratisan yang bisa kita donlot di website resmi-nya.

Buat emak rempong macem aku, Cyberlink adalah salah satu alternatif aplikasi software video editing yang simple. Memang sih awal penggunaannya bener – bener bikin sedikit dizzy. Mungkin otak aku aja ya dizzy soalnya kata suamiku Cyberlink itu gampang banget pake-nya. Yaahh.. secara dia tiap hari berkutat editing video nya pake premier pro. Apalah Cyberlink yang instan ini. Apa apa main template.

So, tips dari aku buat emak rempong yang pengen nambahin konten blog-nya dengan video youtube untuk memperindah postingan atau ingin merambah dunia vlogger:
  • Untuk editing video gak harus jago pake premier pro,corel video, final cut pro apalagi after effect
  • Pakailah aplikasi software yang bisa kamu pelajari dengan mudah, kuasai dan maksimalkan. Insha allah hasilnya sih gak begitu beda sama yang premier pro dan sebangsanya.
  • Kalau teteup bersikukuh pengen mempelajari premier pro dan kawan kawannya ya monggo. Tapii... daripada maksain, karena mempelajari software tersebut menurutku rada sulit. Mending maksimalkan apa yang kita bisa untuk editing video. Hasilnya pasti akan lebih indah daripada maksain belajar yang engga kita bisa maksimalkan maka hasilnya gak akan bagus.

Toh dalam video yang penting hasil akhir dari video yang kita edit. Bukan bagaimana proses kita editingnya.


Tips terakhir yang paling di garis bawahi:
Untuk mengupload video di youtube, usahakan mengupload sesuai dengan format yang disarankan oleh youtube. Baca di sini. Supaya hasilnya ketjeh gituuuu...


Ini hasil video editing-ku yang menggunakan Cyberlink Power Director:





Buat yang pengen tau spesifikasi lengkap tentang Cyberlink Power Director silahkan ke sini
Buat yang pengen tau spesifikasi lengkapnya tentang Vegas Pro silahkan ke sini


Semoga tips dari aku bermanfaat buat emak rempong yang pengen eksis video-nya.



You Might Also Like

3 comments

  1. Saya sempat belajar pakai premiere pas kuliah tempo hari. Tapi ya itu, selain si laptop gak mampu pakai premiere (belum apa-apa juga udah panas aja si laptop), sayanya juga kok ya susah ngertinya :D

    Thanks sharingnya mbak, nanti coba lihat tutorialnya si cyberlink ini dulu :)

    ReplyDelete
  2. Wahhh boleh nih aku coba.
    Krn aku jg lagi optimize Youtube skrg.
    Harga software nya berapa ya?
    Mahal gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya bisa di liat di web resmi-nya cyberlink mak. coba aja cek :)

      Delete

Like me on Facebook

Subscribe