Tips.Cara menghapus double Widget pada Template Blogger

Sunday, February 21, 2016


Holaaa... di postingan perdana blog ini, saya mau ngasih tips sederhana bagaimana kita menghapus double widget pada template blogger.

Double widget maksudnya?

Berbekal kesalahan sendiri ketika upload template ke blog yang ini beberapa waktu yang lalu dan sempat pusing salto - khayang hanya karena engga bisa menghapus widget yang sama karena ke-lock dari CSS code-nya. 

Mungkin sepuh -  sepuh per-bloggeran udah tau gimana ngatasinnya. Tapi buat yang gak tau en buta banget kaya saya yuk simak tips sederhana dari saya. Engga dari saya sih, saya juga nanya ke mbah guugle. Tapi kebanyakan dari mereka kasih tips yang bikin saya mengerenyutkan dahi. LOL

Okehh lanjut yaa..

Tapi sebelum memulai percobaan ini ada baiknya template yang kamu gunakan sekarang di save terlebih dahulu, takut - takut terjadi error gitu.


Tips.1
Bila template kamu bawaan blogger yang belom di macem  - macem-in gampang nyari kode untuk memperbaiki-nya. Misalnya di template kamu ada double widget seperti 'header'-nya ada dua; header asli-nya berada di layout header sedangkan header kedua ada di kolom sebelah kanan atau kiri template kamu ya suka - suka deh nyasarnya kemana :p.

Nah, yang harus kamu lakukan adalah pergi ke template terus klik edit html, klik Ctrl+f, di kolom ctrl+f -nya kamu ketik kode: 

<b:widget id='Header2' locked='true' atau cari aja <b:widget id=

Kemudian ganti 'true' menjadi 'false'

Setelah itu kamu pergi ke layout/tatak letak, nanti di side bar-nya header double yang tadinya engga bisa di klik sekarang udah bisa di klik dan klik edit terus remove deh. Selesaiiii!


Tips.2
Bila template kamu udah bukan bawaan blogger apalagi yang di upload adalah template responsive atau adaptasi dari WP, sama kaya saya nih. Sebisa mungkin sih sebelum implementasi template asli ke template yang baru, widget lama-nya jangan ikut serta. Karena pasti bakalan ada double - double. Dan itu gak cuma header aja, bisa ke Contact me, follower atau menu widget lainnya. Tapi kalau udah terlanjur ya tinggal cari yang double-nya, ganti yang ke-lock widget-nya buat bisa di unlock terus ke layout dan remove widget deh.

Berikut gambarannya biar gak puyeng...












***

Yapp, semoga tips sederhana dari saya bermanfaat ya. Oia engga perlu centang expand widget juga bisa kok. Tapi, balik lagi tergantung template yang kamu pakai seperti apa. Karena beda template terkadang suka beda kode-nya.

You Might Also Like

7 comments

  1. Dan saya selalu lupa mencadangkan template yang sudah indah sebelum digonta-ganti. Galau mulu lah sayanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.... backup dulu backup, jadi klo error bisa di restore balik :D

      Delete
  2. Oh, gitu caranya. Aku juga pakai template unduhan soale. MEnurut Mak Rufiie, perlu widget atribusi "Powered by Blogger" baiknya dihapus nggak ya? Agak anoyying ni kalo dilihat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa.. klo aku yang di sini aku remove. Terserah mak sih mau di apus ato engga ^^

      Delete
  3. hiks hiks,
    kalo baca beginian langsung pusyiiiing

    ReplyDelete

Like me on Facebook

Subscribe